Berikut adalah artikel tentang Sambut Iklim Wisata Bangkit Sawahlunto Terus Kembangkan Objek Wisata Menarik yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Kepala Dinas Pariwisata Sawahlunto tengah berbincang dengan General Manager Pertambangan Ombilin terkait inovasi baru yang tengah dikembangkan untuk memanjakan wisatawan di Camping Ground Kandi. (Foto : Iyos)

Penulis: Iyos | Editor: Redaktur

SAWAHLUNTO – Memanfaatkan iklim pariwisata yang mulai bangkit pasca pandemi COVID-19, Kota Sawahlunto sebagai destinasi terus membenahi sarana dan prasarana wisata yang ada demi menarik kunjungan wisatawan, dengan menampilkan keunikan dan inovasi barunya seperti memanfaatkan bekas tambang batubara Ombilin Sawahlunto yang sudah berusia sekitar 1.5 abad.

Dengan kembali bangkitnya pariwisata, bisa dilihat dari adanya proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah dan pihak swasta seperti pengembangan sarana prasarana di Taman Satwa Kandi dan Camping Ground yang dikelola Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat, serta objek wisata baru Meer Von yang dikelola dan dikembangkan oleh pihak swasta murni.

Meer Von Kandi, adalah sebuah objek wisata alternatif yang memanfaatkan lahan bekas penambangan batubara yang selesai di eksploitasi PT Bukit Asam Tbk Pertambangan Ombilin. Mumpung lahan bekas penambangan batubara ini jangan sampai terlantar, seorang pengusaha lokal H.Jaswadi memanfaatkan kawasan luas sekitar 2 hektar tersebut untuk dikembangkan menjadi taman rekreasi dan objek wisata keluarga yang menyenangkan.

Objek wisata Meer Von, dihiasi hamparan permukaan danau hijau yang terbentuk akibat jebolnya barrier pillar penahan tebing tambang batubara terbuka sekitar tahun 2000 silam. Akibatnya, air sungai Ombilin merendam lokasi tambang hingga menjadi seperti danau. Kawasan ini masuk dalam administrasi Pemerintahan Desa Salak, Kecamatan Talawi, dan mulai di operasikan pertengahan tahun lalu setelah diresmikan Wagub Sumbar Audi Joinaldy, 1 Desember 2021 silam.

Bila anda hendak ke Meer Von, jarak yang harus ditempuh dari pusat kota tua Sawahlunto adalah sekitar 4 kilometer. Setelah sampai, anda boleh merogoh kocek untuk tiket masuk senikai Rp 10 ribu/orang. Untuk urusan parkir kendaran jangan kuatir, aman, dan tempat lumayan luas. Begitu juga soal urusan perut, di objek ini tersedia kafe dengan menu-menu lokal yang bisa mengganjal rasa lapar dan haus anda saat berada di tempat yang cukup representatif dan ekonomis ini.

Semenjak objek ini diresmikan, berbagai kegiatan pertemuan skala besar sering dilakukan ditempat ini. Apalagi pihak pengelola terus melengkapinya dengan berbagai fasilitas seperti water park, dengan dua kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Dengan adanya penambahan sarana tersebut terasa lebih memanjakan para pengunjung yang berdatangan dari berbagai kabupaten dan kota-kota lain.

Baca Juga

Pengelola Meer Von Kandi, H.Jaswandi, beberapa waktu silam, kepada beritaminang com pernah mengatakan, semua pengunjung yang masuk dengan tiket resmi untuk berwisata ke Meer Von diasuransikan. Selaku pihak pengelola, katanya waktu, dia siaap dan terbuka menerima berbagai keluhan dan masukan para pengunjung sebagai evaluasi untuk melengkapi berbagai kekurangan yang ada.

“Kami ingin memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi pengunjung atau wisatawan yang datang ke Meer Von, dan berterima kasih kepada pihak yang telah memberikan masukan sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk melengkapi berbagai kekurangan yang ada.” Ucapk Jaswandi, kala itu.

Adriyusman, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Sawahlunto, beberapa hari lalu mengatakan, keberadaan Mervoon Kandi sangat memberi warna terhadap distinasi wisata Sawahlunto secara keseluruhan. Dengan adanya Meer Von, menjadi nilai tambah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sawahlunto karena objeknya dipungut retribusi pajak sesuai Perda yang berlaku.

“Apalagi, dengan adanya Meer Von ini, sangat mewarnai destinasi Sawahlunto sehingga wisatawan akan senang berkunjung ke Kota Sawahlunto sebagai kota wisata sejarah yang spesifik. Selain itu, dengan daya tariknya, saya optimis angka kunjungan ke Sawahlunto akan terus meningkat.” Ucap, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesbangpol BPBD ini.(Iyos)




Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.