Berikut adalah artikel tentang Pemko Sawahlunto Terima UHC Award 2023 Komitmen Berikan Jaminan Kesehatan Bagi Masyarakat yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

TRIBUNPADANG.COM, SAWAHLUNTO – Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Pemerintah Pusat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, kepada Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan Pemko Sawahlunto terus berkomitmen memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat, seperti yang sudah dibunyikan dalam misi Pemko.

Adapun misi tersebut yaitu, meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dengan memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat.

“Kita tidak ingin ada masyarakat Sawahlunto yang kalau sakit tidak bisa ke Puskesmas tidak bisa ke Rumah Sakit karena takut tidak bisa membayar biayanya,” ungkap Deri Asta.

Baca juga: Kota Solok Raih UHC Award, Wako: Seluruh Warga Sudah Terdaftar Program JKN

Oleh sebab itu, kata Deri Asta, pihaknya masukkan masyarakat dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa biaya.

“Maka sebagai wujud komitmen tersebut, kami telah membayarkan premi kepesertaan JKN masyarakat, dimana setiap tahunnya dialokasikan dari APBD sebesar kurang lebih 12 miliar,” jelasnya.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok Neri Eka Putri menyebut, terhitung sejak Tahun 2018 sampai 2023, penduduk Sawahlunto yang terdaftar menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah mencapai 67.127 jiwa.

“Total jumlah penduduk Sawahlunto adalah 67.344 jiwa. Sudah terdaftar sebagai peserta JKN sebanyak 67.127 jiwa, artinya secara persentase sudah mencapai 99,68 persen,” kata Neri.

Dikatakannya, sudah hampir seluruh penduduk Sawahlunto memiliki payung perlindungan yang legal dalam mengakses pelayanan pada fasilitas-fasilitas kesehatan yang menjadi mitra program JKN.

Baca juga: Cara Pemko Pariaman Pertahankan UHC Selama 3 Tahun: Anggarkan 11 Miliar untuk Kesehatan Masyarakat

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Pemko Sawahlunto dalam mendukung tersedianya akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif untuk masyarakat,” kata Neri.

Selanjutnya, Kabid Pelayanan, Promosi dan Sumber Daya Kesehatan Dinkesdalduk KB Sawahlunto Ranu Vera Mardianti, menjelaskan bahwa Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD untuk JKN di Sawahlunto berjumlah 31.279 jiwa.

“PBI APBD ini terdiri dari Jaminan Kesehatan (Jamkes) Sumbar Sakato dan Jamkes Kota Sawahlunto, untuk Jamkes Sumbar Sakato merupakan sharing (berbagi) dana dengan APBD Provinsi Sumbar sebesar 20 persen dan 80 persen dari APBD Kota Sawahlunto, sedangkan untuk Jamkes Kota Sawahlunto dibayarkan penuh seratus persen dari APBD Sawahlunto,” ujar Vera. (*/Hafiz Ibnu Marsal)

________________
Baca berita TribunPadang.com terbaru di Google News.

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.