Berikut adalah artikel tentang MotoGP 2023 Ada 42 Balapan Alex Marquez Itu Gila yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Jakarta

MotoGP 2023 akan memaksa para pebalap bekerja lebih keras. Betapa tidak, pada musim mendatang Dorna Sports untuk pertama kalinya bakal menyematkan balap sprint race. Jadi setiap akhir pekan, para pebalap MotoGP akan balapan sebanyak dua kali. Alex Marquez pun menyebut itu sebagai hal yang gila!

Sebagai informasi, MotoGP 2023 akan dilangsungkan selama 21 seri dengan tambahan seri India dan Kazakhstan yang sedang dalam proses homologasi. Kalau musim-musim sebelumnya setiap seri MotoGP hanya berlangsung satu sesi race atau balapan, maka pada 2023 jumlahnya jadi dua race. Maka total pebalap akan melakoni 42 balapan.

“Jika harus menambah lebih banyak balapan agar para penggemar senang, maka kami di sini untuk itu, untuk memberikan pertunjukan yang bagus,” ungkap pebalap Gresini Racing, Alex Marquez, dikutip dari Crash.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Alex Marquez Foto: Dok. Gresini

“Memang jadinya agak gila dengan 42 balapan, tapi pada akhirnya kami (pebalap MotoGP) akan terbiasa. Di Superbike saja mereka membuat tiga (balapan pada akhir pekan). Cara menghadapi akhir pekan akan sedikit berubah dan kemudian akan sangat normal,” sambung adik kandung Marc Marquez itu.

Sebagai informasi, sprint race di MotoGP akan mengadu cepat para pebalap dengan format setengah total jarak dari seri balap utama. Misalnya MotoGP Indonesia di Mandalika berlangsung selama 27 lap, maka sprint race berlangsung selama sekitar 13 lap.

Untuk mengakomodasi sprint race, format akhir pekan MotoGP bakal sedikit diubah. Dua sesi latihan tetap berlangsung pada hari Jumat, tetapi diperpanjang. Hasil gabungan FP1 dan FP2 akan menentukan siapa yang lolos ke sesi kualifikasi 2 atau harus melalui kualifikasi 1 dulu.

Pada Sabtu pagi, sesi latihan bebas 3 berlangsung selama 30 menit sebelum kualifikasi. Peran FP3 ini akan sama seperti sesi FP4 saat ini. Selanjutnya sesi kualifikasi tak akan berubah. Hasil kualifikasi menentukan grid untuk sprint race dan balapan utama hari Minggu.

Alex Marquez Foto: AFP via Getty Images/GABRIEL BOUYS

Setelah kualifikasi, sekitar pukul 15.00 waktu setempat hari Sabtu, akan digelar sprint race. Sembilan pebalap tercepat akan mendapat poin tambahan. Posisi pertama dapat poin 12, kedua 9 poin, ketiga 7 poin, keempat 6 poin, kelima 5 poin, keenam 4 poin, ketujuh 3 poin, kedelapan 2 poin dan kesembilan 1 poin. Itu merupakan setengah poin dari balapan utama hari Minggu.

Cara ini dilakukan Dorna Sports untuk memposisikan kembali balapan ternama ini di tengah penurunan penonton balap motor kasta tertinggi tersebut. Ini meniru langkah yang dilakukan Formula 1 dan World Superbike.

Diharapkan balapan sprint akan menawarkan nilai yang lebih baik bagi penggemar baik yang menonton dari trek maupun dari rumah, yang pada gilirannya akan menarik lebih banyak sponsor dan meningkatkan eksposur di seluruh dunia secara keseluruhan.

Simak Video “Jack Miller Kuasai Latihan Kedua MotoGP Portugal”
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.