Berikut adalah artikel tentang Ikuti Keputusan MK KPU Kabupaten Pasuruan Lantik 48 PPK Tambahan yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Pasuruan melantik sebanyak 48 PPK  (Panitia Pemilihan Kecamatan) Tambahan untuk Pilpres dan Pileg 2019, Rabu  (02/01/2019).

Pelantikan dilaksanakan di Gedung Serbaguna KPU Kabupaten dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, Zainul Faizin serta disaksikan seluruh Komisioner lainnya.

Azmi Abbas Jazuli, Divisi Hukum Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan mengatakan, dilantiknya 48 PPK tambahan tak lain berdasarkan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang kebutuhan atau beban pekerjaan yang sangat berat, lantaran harus mensukseskan Pilpres dan Pileg 2019 dengan 5 surat suara.

“Sesuai Keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan uji materi penambahan jumlah PPK yang awalnya 3 orang menjadi 5 orang dengan tambahan anggota PPK tambahan. Hari ini kita lantik 2 PPK dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Pasuruan,“ katanya.

Dalam putusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018 disebutkan bahwa anggota PPK ditambah dua orang dari sebelumnya hanya tiga orang. Itu artinya saat ini anggota PPK sudah lima orang, sama seperti Pemilu sebelumnya.

“Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan anggota PPK hanya tiga orang. Tapi karena putusan MK Nomor 31 Tahun 2018 yang mengabulkan gugatan dari teman-teman aktivis Pemilu yang mengugat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, akhirnya disetujui penambahan jumlah PPK,” tegasn Azmi kepada Suara Pasuruan.

Hanya saja, dalam hal perekrutan, KPU tidak membuka pendaftaran baru, melainkan anggota PPK yang pernah direkrut dalam Pilkada 2018 atau calon PPK formasi 2017 yang masuk dalam peringkat 10 besar. Kata Azmi, perekrutan sudah dilakukan sejak November 2018 lalu, dan seluruh PPK terpilih telah menyetujui untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi terbesar sepanjang tahun, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif 2019.

“Saya ucapkan selamat kepada PPK yang kembali bekerja. Tugasnya banyak, jadi kami mohon tanggung jawab penuh untuk mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019,” singkat dia. (emil)

  • 1451 x Dilihat
  • 62 Disukai
  • 62 Tidak Suka

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.