Berikut adalah artikel tentang Hubungi Nomor Publik Service Center 119 Jika dalam Keadaan Gawar Darurat di Sawahlunto yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

TRIBUNPADANG.COM, SAWAHLUNTO – Melalui Public Service Center (PSC), Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto berikan pelayanan kegawatdaruratan cepat tanggap untuk masyarakat.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyampaikan, PSC merupakan komitmen Pemko Sawahlunto pada pelayanan kesehatan masyarakat, terkhusus bagi pelayanan darurat.

“Kehadiran PSC ini berfungsi meningkatkan kecepatan personel pelayanan kesehatan kita untuk menolong masyarakat yang mengalami kondisi kritis,” ujarnya Kamis (17/11/2022).

Ia menambahkan, PSC berperan penting karena dengan semakin cepat pertolongan datang maka semakin besar kesempatan untuk menghindari resiko kecacatan atau kematian.

“Kami akan melakukan monitoring sehingga jika ada kendala atau kekurangan dapat segera ditindaklanjuti untuk didapatkan solusinya,” tutur Deri Asta.

Baca juga: Masih 41 Persen, BPJS dan Pemko Terus Tingkatkan Jumlah Tenaga Kerja Terlindungi di Sawahlunto

Baca juga: Buah Manggis Desa Kubang Tangah Sawahlunto Kini Dapat Sertifikat Mutu Prima Tiga dari Dinas Pangan

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Sawahlunto Yasril menyebut, masyarakat dapat mengakses layanan tersebut dengan menelepon nomor 119.

“Fungsi PFC khusus untuk keadaan gawat darurat yang membutuhkan pertolongannya atau penanganan yang cepat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, keadaan darurat itu seperti kecelakaan, bencana atau sakit mendadak yang menyebabkan pasien kritis, tim PSC akan siap melakukan penyelamatan atau memberikan pertolongan.

Lanjutnya, personel PSC berasal dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah terlatih.

Sementara, PSC juga memiliki fasilitas berupa satu gedung untuk kantor dan dua unit mobil ambulance yang dilengkapi dengan peralatan pertolongan gawat darurat.

“PSC juga didukung dengan jejaring yang ada di setiap Puskesmas, sudah ada personel yang siap siaga sekaligus mobil ambulance,” ujar Yasril.

Dikatakannya, nantinya selain dari PSC, tim dari Puskesmas juga bisa turun melakukan penyelamatan darurat.

Kata Kadis Dinkesdalduk KB Sawahlunto itu, PSC bukanlah pelayanan perawatan atau pengobatan namun hanya sebagai sarana pertolongan pertama pada kondisi pasien yang berstatus kritis atau gawat darurat.

Yasril menyebut pelayanan di PSC sudah mulai dioperasikan sejak awal tahun ini, sementara untuk peresmian dilakukan oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta pada Kamis 17 November 2022. (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.