Maros

Waktu buka puasa penting diketahui agar umat muslim bisa menyegerakan berbuka tepat waktu. Berikut ini waktu buka puasa hari ini untuk wilayah Maros dan sekitarnya.

Dilansir dari laman NU Online menyegerakan buka puasa adalah hal yang dianjurkan, sebagaimana dalam salah satu hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, disebutkan:

بَكِّرُوْا بِالإفْطَارِ، وَأَخِّرُوْا السَّحُوْرَ

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Artinya: “Segerakanlah berbuka dan akhirkanlah sahur.”

Jam Buka Puasa Hari Ini Maros, Jumat 24 Maret 2023:

Berikut ini jadwal dan waktu buka dan adzan maghrib, 2 Ramadhan 1444 H (24 Maret 2023) untuk wilayah Maros dan sekitarnya sebagaimana disusun oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI.

  • Imsak: 04.41 Wita
  • Subuh: 04.51 Wita
  • Duha: 06.29 Wita
  • Dzuhur: 12.12 Wita
  • Asar: 15.21 Wita

  • Magrib: 18.14 Wita
  • Isya: 19.22 Wita

Dengan demikian jam berbuka puasa untuk wilayah Maros dan Sekitarnya hari ini Jumat, 24 Maret 2023 jatuh pada Pukul 18.14 Wita.

Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa

Dilansir dari lama NU Online, menyegerakan berbuka merupakan salah satu hal yang dianjurkan. Ada beberapa hikmah dari dianjurkannya umat muslim menyegerakan berbuka saat berpuasa, yaitu:

1. Ada Dua Kebahagiaan bagi Orang yang Berpuasa

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ حِينَ يُفْطِرُ وَفَرْحَةٌ حِينَ يَلْقَى رَبَّهُ

Artinya: “Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (Muttafaq ‘Alaihi)

Ketika seseorang menahan lapar karena puasa, maka saat paling bahagia baginya adalah saat berbuka. Saking bahagianya, maka apapun yang kita makan dan minum terasa enak meskipun sebetulnya hanya makanan atau minuman biasa saja. Orang-orang tua di Jawa sering mengatakan, “Lawuhe luwe (Lauknya lapar)”. Artinya lauk paling enak adalah lapar itu sendiri.

2. Tidak Mengganggu Kesehatan

Ketika tiba waktunya, umar muslim dianjurkan segera berbuka agar tidak mengganggu kesehatan setelah sekian lama perut tidak diisi dengan makanan dan minuman apapun. Ketika masuk waktu berbuka, perut kita harus segera dipenuhi hak-haknya karena manusia bukan malaikat yang tidak membutuhkan makan dan minum secara ragawi.

Dari uraian di atas, dapat dilihat bahwa menyegerakan berbuka puasa lebih baik dari pada waktu-waktu setelahnya. Dasar dianjurkannya menyegerakan berbuka ini jelas baik secara naqli maupun aqli.

Daftar Masjid di Kabupaten Maros

Selain berbuka puasa di rumah bersama keluarga, umumnya masyarakat juga melaksanakan buka puasa bersama di masjid-masjid terdekat. Di Wilayah Maros ada beberapa masjid yang kerap didatangi masyarakat untuk berbuka puasa bersama ataupun melakukan ibadah salat tarawih.

Berikut beberapa di antaranya:

  1. Masjil Al-Markaz Al-Islam
  2. Masjid Agung Maros, Turikale
  3. Masjid Darul Abrar, Bontoa
  4. Masjid Babul Jannah, Mallawa
  5. Masjid Al-Jihad, Camba

Nah, itulah informasi tentang jadwal buka puasa dan adzan Maghrib untuk hari ini Jumat, 24 Maret 2023 untuk wilayah Maros dan Sekitarnya. Selamat berbuka puasa ya detikers!

Simak Video “Buka Puasa Hendaknya Diawali dengan Minuman Hangat”
[Gambas:Video 20detik]

(alk/alk)