Berikut adalah artikel tentang Jadwal Imsak Wilayah Jabodetabek Minggu 26 Maret 2023 yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Jakarta – Waktu imsak merupakan waktu penanda dimulainya puasa, yakni sejak memasuki waktu salat Subuh. Berikut jadwal imsak wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bekasi) pada Minggu, 26 Maret 2023.

Dalam bahasa Arab, imsak adalah amsaka-yumsiku-imsakan (أمسك – يمسك – إمساكا ) yang artinya menahan. Nah, maksud dari menahan ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, ber-jima’ dengan suami atau istri di siang hari dan lain sebagainya.

Mengutip dari detikHikmah, penentuan waktu imsak pada bulan Ramadan tidak disyariatkan secara rinci dalam Al-Quran. Namun, dalam surat Al Baqarah ayat 187, Allah SWT berfirman mengenai waktu dimulainya kaum muslim untuk berhenti makan dan minum.

وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ

Artinya: “Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam,” (QS Al Baqarah: 187)

Pada ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah mengizinkan hamba-Nya yang berpuasa untuk sahur sampai masuk waktu fajar. Sementara itu, dasar penggunaan diberlakukannya imsak ialah mentafsiri serta men-ta’wil apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit.

Diriwayatkan dari Muslim bin Ibrahim, diriwayatkan dari Hisyam, diriwayatkan dari Qatadah, dari Anas, dari Zaid bin Tsabit RA ia berkata:

“Kami sahur bersama Nabi Muhammad SAW kemudian kami melakukan shalat (Subuh)” saya berkata; “berapa lama ukuran antara Sahur dan Subuh?” Nabi bersabda; “Seukuran membaca 50 ayat Al-Qur’an!”

  • Jadwal Imsak Jakarta: 04.32 WIB
  • Jadwal Imsak Kabupaten Bogor: 04.32 WIB
  • Jadwal Imsak Kota Bogor: 04.32 WIB
  • Jadwal Imsak Kota Depok: 04.32 WIB
  • Jadwal Imsak Kota Tangerang: 04.32 WIB
  • Jadwal Imsak Kabupaten Tangerang: 04.33 WIB
  • Jadwal Imsak Kota Bekasi: 04.31 WIB
  • Jadwal Imsak Kabupaten Bekasi: 04.30 WIB

Lebih lengkap mengenai jadwal imsak di wilayah lainnya cek DI SINI.

Simak Video “Bahayanya Skip Makan Sahur “
[Gambas:Video 20detik]

(aeb/lus)