Berikut adalah artikel tentang Harga Kripto Hari Ini 26 Maret 2023 Bitcoin dan Ethereum Kompak Loyo XRP Pimpin Penguatan yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu, 26 Maret 2023. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta – Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu, (26/3/2023). Demikian juga harga bitcoin dan etherum memerah pada akhir pekan ini.

Mengutip dari data Coinmarketcap, harga kripto berkapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) merosot 0,38 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin naik 1,4 persen.

Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 27.539,50 atau sekitar Rp 421,18 juta (asumsi kurs Rp 15.294 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga harga ethereum (ETH) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum tergelincir 0,45 persen. Dalam sepekan terakhir, harga ethereum susut 1,64 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.750,17 atau sekitar Rp 26,76 juta.

Harga binance coin (BNB) susut 0,05 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB terpangkas 3,25 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 323,56 atau sekitar Rp 4,94 juta.

Namun, harga XRP bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga XRP bertambah 4,65 persen. Dalam sepekan terakhir, harga XRP meroket 19,08 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,4497.

Harga cardano (ADA) terpangkas 1,53 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga cardano melonjak 3,42 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,3548.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) susut 1,44 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga dogecoin melemah 0,51 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07444.

Harga polygon (MATIC) tersungkur 2,56 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon anjlok 9,56 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 1,08.

Sementara itu, harga binance USD (BUSD) melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD tergelincir 0,05 persen. Kini, harga BUSD berada di posisi USD 0,9995.

Di sisi lain, harga kripto hari ini tether (USDT) melemah terbatas 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga tether turun 0,14 persen. Saat ini, harga USDT berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin turun terbatas dalam 24 jam terakhir. Harga USDC turun tipis 0,01 persen. Selama sepekan terakhir, harga USDC naik 0,02 persen. Kini, harga USDC naik 0,02 persen.

Kapitalisasi pasar kripto global melemah 0,24 persen dalam sehari menjadi USD 1,15 triliun.

Sebelum ditetapkan haram oleh fatwa MUI, bitcoin dan mata uang kripto telah munculkan pro kontra di berbagai negara, terutama selama pandemi. Regulator menyoroti volatilitas tinggi nilainya dan juga potensi disalahgunakan, sementara ada negara yang j…

Perusahaan Kripto Tether Ungkap Bakal Hasilkan Keuntungan Rp 10,6 Triliun pada Kuartal I 2023

Bitcoin – Image by Benjamin Nelan from Pixabay

Sebelumnya, perusahaan cryptocurrency tether memperkirakan menghasilkan keuntungan USD 700 juta atau setara Rp 10,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.166 per dolar AS) hingga kuartalan yang berakhir Maret. 

Dilansir dari CNBC, Sabtu (25/3/2023), keuntungan ini bakal menjadikan total kelebihan cadangannya menjadi lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,1 triliun, kata kepala teknologi Tether, Paolo Ardoino yang mengungkapkan angka terbaru untuk pertama kalinya.

Tether mengeluarkan stablecoin USDT, yang dipatok satu banding satu dengan dolar AS. USDT didukung oleh aset dunia nyata seperti mata uang fiat dan US Treasuries sehingga selalu dapat ditebus dengan dolar AS.

Stablecoin digunakan oleh trader kripto untuk bertransaksi mata uang kripto yang berbeda tanpa perlu mengubah uang kembali menjadi mata uang fiat.

Selama bertahun-tahun, penerbit stablecoin telah dikritik karena tidak cukup transparan dengan jenis aset yang mereka miliki sebagai cadangan untuk mendukung mata uang digital mereka. 

Berbeda dengan Tether yang selalu mengungkapkan cadangannya, seperti kertas komersial atau utang jangka pendek tanpa jaminan yang diterbitkan oleh perusahaan. Namun, Tether tidak mengungkapkan jenis perusahaan atau lokasi geografis perusahaan yang menjadi sumber utangnya.

Tether akhirnya menjual semua kepemilikan komersialnya dan pindah ke US Treasurys, yang dianggap sebagai aset yang lebih stabil dan andal. Perusahaan menghasilkan apa yang disebut pengesahan, yaitu laporan yang dihasilkan oleh auditor untuk membuktikan cadangan perusahaan dan aset yang dimilikinya.

Laporan terakhir yang dirilis Tether yang mencakup kuartal Desember menunjukkan ia memiliki lebih banyak aset daripada kewajiban. Tether kemudian mengungkapkan pada Februari ia menghasilkan laba USD 700 juta pada kuartal Desember. Total aset perusahaan setelah kewajiban dikurangi berjumlah USD 960,6 juta atau setara Rp 14,5 triliun.

Ardoino mengatakan perusahaan memperkirakan kelebihan cadangan akan meningkat sebesar USD 700 juta pada kuartal saat ini, yang belum berakhir. Itu akan membuat kelebihan cadangan Tether menjadi USD 1,66 miliar atau setara Rp 23,1 triliun. Ini akan menjadi pertama kalinya Tether melampaui angka USD 1 miliar.

Tether Ungkap Cadangan Asetnya Turun pada Juni 2022

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, Perusahaan, stablecoin terbesar di dunia, Tether berdasarkan mengatakan pada Jumat, 19 Agustus 2022 mereka memiliki cadangan senilai USD 66,4 miliar atau sekitar Rp 989,8 triliun pada akhir Juni. Cadangan aset itu turun dari USD 82,4 miliar pada akhir Maret.

Pernyataan cadangan ini disampaikan Tether dalam situs web. Mereka juga mengatakan telah beralih ke perusahaan akuntansi BDO Italia untuk mengesahkan cadangannya dan akan bertujuan untuk merilis laporan bulanan pada akhir tahun.

Walaupun cadangan aset turun ke USD 66,4 miliar, nilai itu masih melebihi kewajibannya yang harus memiliki cadangan aset USD 66,2 miliar, kata BDO Italia dalam pernyataannya.

Laporan Terlihat Positif

Mitra investasi di Securitize Capital, Joseph Edwards, mengatakan laporan cadangan aset milik Tether dinilai masih positif.

“Laporan itu sendiri terlihat positif untuk Tether dan memperkuat mungkin tidak ada kejadian bank run yang cukup besar untuk menurunkan mereka ke bagian perbendaharaan mereka yang mungkin dipertanyakan,” kata Edwards dikutip dari Channel News Asia, Selasa (23/8/2022). 

Pada Juli 2022, Tether mengungkapkan telah memangkas kepemilikan surat berharga sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi eksposur terhadap aset berisiko sebagai aset cadangan.

Jadi Sorotan Regulator

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang dirancang untuk menjaga nilai konstan, seperti pasak dolar AS 1:1. Mereka banyak digunakan dalam perdagangan cryptocurrency untuk memindahkan dana antara cryptocurrency yang berbeda atau menjadi uang tunai biasa.

Tether mengatakan koinnya mempertahankan nilainya dengan memegang cadangan dalam mata uang dolar agar sesuai atau melebihi nilai koin Tether yang beredar. 

Regulator keuangan di seluruh dunia telah memperingatkan stablecoin dapat menimbulkan risiko bagi stabilitas keuangan yang lebih luas, dengan Inggris di antara ekonomi utama yang ingin mengatur sektor ini. 

Adapun kasus stablecoin algoritmik Terra USD (UST) yang kehilangan pasak dolarnya telah membuat para regulator di seluruh dunia memperketat pengawasannya pada aset kripto stablecoin.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.