Berikut adalah artikel tentang Turnamen ESport Punya Banyak Jenis Berikut 4 Kategori yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

TEMPO.CO, Jakarta – Belakangan, kompetisi e-sport semakin mendapatkan popularitasnya. Bahkan, beberapa pertandingan diselenggarakan dalam skala global hingga turnamen tingkat dunia. 

Dikutip dari Geek Insider, tidak jauh berbeda dengan kompetisi olahraga lain, turnamen e-sport dilakukan dengan menghadirkan ratusan atau ribuan pemain untuk bertanding dalam satu gim tertentu. Namun, hanya akan ada satu orang atau satu tim yang keluar sebagai pemenang dari pertandingan tersebut. 

Meskipun bernama olahraga elektronik atau e-sport, tidak semua gim dapat dipertandingkan. Beberapa turnamen e-sport kelas dunia paling umum adalah League of Legends, DOTA 2, dan Counter Strike: Go alias CSGO.

Baca: Begini Cara Orang Tua Dukung Minat e-Sport Anak

4 Jenis Gim E-Sport Paling Umum

Mengutip penjelasan Geek Insider, setidaknya terdapat empat jenis permainan atau gim yang paling umum dipertandingkan dalam e-sport sebagai berikut.

1. PvP: Player versus Player

Sesuai namanya, gim e-sport PvP merupakan pertandingan satu atau lebih pemain dengan pemain lainnya. Salah satu contoh sederhana dari gim ini adalah permainan Mortal Kombat atau Naruto: Ninja Storm. 

Permainan ini masih populer dan ada sampai saat ini. Namun, untuk pertandingan profesional dan global, jenis gim e-sport PvP kurang begitu diminati. Sebab, dalam permainan jenis ini biasanya tidak terlalu dibutuhkan kerja sama atau koordinasi antartim. 

2. RTS (Real-Time Strategy)

RTS atau permainan strategi dengan waktu nyata merupakan variasi dari permainan PvP. Perbedaannya, dalam RTS, pemain harus memikirkan strategi tertentu untuk bertahan hidup hingga akhir permainan. Beberapa contoh dari RTS adalah WarCraft dan StarCraft.

Ide dari kedua gim tersebut adalah masing-masing pemain mulai bermain dengan jumlah sumber daya yang sama di peta yang sama pula. Tujuan akhirnya adalah menciptakan kerajaan terkuat dan mengalahkan lawan.

Dalam sejumlah turnamen e-sport profesional, permainan RTS dapat dimainkan antara 2 hingga 8 orang ataupun lebih. 

3. FPS (First Person Shooter)

Penembak dengan sudut pandang orang pertama atau FPS merupakan salah satu jenis gim ata permainan paling populer dan diminati di dunia. Pada gim ini, pemain akan memimpin satu karakter dalam sebuah permainan dengan bersenjatakan ragam jenis alat pertempuran. Contoh populer dari FPS adalah Counter Strike: Go dan Call of Duty.

Berkat variasi senjata, peta, dan karakternya, gim FPS biasanya menjadi salah satu primadona dalam ajang e-sport. 

4. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

Jenis gim e-sport paling umum terakhir adalah MOBA. Sederhananya, MOBa merupakan variasi dari RTS dengan bentuk tim yang biasanya terdiri dari 4 pemain untuk melawan pemain lain dengan jumlah pemain yang sama. Tujuan akhir dari gim jenis ini adalah mempertahankan level atau peta dan mengalahkan lawan.

Contoh populer dari gim MOBA adalah adalah League of Legends (LoL) dan Heroes of the Storm (HotS). Salah satu keunikan jenis gim ini adalah setiap anggota tim harus mampu bekerja sama dan memainkan karakter secara profesional guna menjadi pemain terbaik di bidangnya dan mengantarkan tim sebagai juara. 

Salah satu turnamen e-sport terbesar belum lama ini dilaksanakan oleh League of Legends pada Sabtu, 5 November 2022. Pembukaan final turnamen ini diselenggarakan di Chase Center, San Fransisco, Amerika Serikat dengan penampilan spesial dari Lil Nas X, Jackson Wang, dan Edda Hayes.

ACHMAD HANIF IMADUDDIN

Baca juga: Atlet E-Sport Jadi Miliarder Berkat Hobi Bermain Video Game

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.