Berikut adalah artikel tentang Seleksi KPU di 15 Provinsi dan 118 Daerah Dimulai Ini Tahapannya yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Komisi Pemilihan Umum membuka pendaftaran untuk mengikuti seleksi calon anggota KPU di 118 Kabupaten dan Kota dan di 15 Provinsi. Proses seleksi akan dilakukan pada Maret hingga April 2023. 

Merujuk pada pengumuman KPU Nomor 4/SDM.12-PU/04/2023 tertanggal 24 Februari 1945 KPU Pusat saat telah menunjuk tim seleksi yang akan menyaring para pendaftar. Adapun proses pendaftaran dilakukan secara online melalui SIAKBA. 

“Kepada masyarakat yang mengetahui penetapan keanggotaan tim seleksi calon anggota KPU dapat memberikan masukan dan informasi mengenai rekam jejak calon tim seleksi,”tulis KPU dalam surat yang dikutip dari laman resmi KPU Senin (27/2). 

Adapun 15 Provinsi yang akan menjalankan seleksi KPU adalah Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta dan Kalimantan Barat. Ada juga Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Barat. 

Berdasarkan laman resmi KPU, syarat utama calon anggota KPU harus berusia paling rendah 35 tahun. Calon harus mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, serta memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian. 

Calon anggota KPU tidak boleh terafiliasi dengan salah satu partai politik. Selain itu calon anggota KPU harus mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan badan usaha milik negara atau BUMD pada saat mendaftar sebagai calon. Syarat penting lainnya yaitu tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.

Adapun syarat lain yang menjadi penekanan dalam pendaftaran KPU bahwa calon anggota KPU Provinsi harus belum pernah menjabat sebagai anggota KPU Provinsi selama 2 kali masa jabatan dalam jabatan yang sama. Para calon anggota KPU bisa mengajukan syarat keikutsertaan dengan melakukan pendaftaran secara online melalui Siakba.kpu.go.id. 

Berdasarkan laman KPU, proses pendaftaran anggota KPU berlangsung hingga 27 Februari.Adapun penetapan hasil administrasi dilaksanakan pada 1 maret 2023. Seleksi tertulis dan psikologi dilaksanakan pada 5-11 maret 2023. 

Berikut jadwal dan tahapan seleksi Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten Kota 

1 Maret 2023 : Penetapan hasil penelitian administrasi

2-4 Maret 2023: Pengumuman hasil penelitian administrasi

5-11 Maret 2023: Seleksi tertulis dan tes psikologi

12 -13 Maret 2023: Penetapan hasil seleksi tertulis dan psikologi

14-15 Maret 2023: Pengumuman hasil seleksi tertulis dan psikologi

14-19 Maret 2023: Masukan dan tanggapan dari masyarakat

16-18 Maret 2023: Tes kesehatan

19-21 Maret 2023: wawancara

22 – 23 Maret 2023: Penetapan Hasil kesehatan dan wawancara

24 – 25 Maret 2023: Pengumuman hasil seleksi KPU provinsi

24-26 Maret 2023: penyampaian nama calon anggota KPU Provinsi

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.