Berikut adalah artikel tentang Sejarah Singkat Kota Wisata Tua Sawahlunto Dulunya Tambang Batu Bara Terbesar di Asia Tenggara yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

TRIBUNPEKANBARUTRAVEL.COM – Sawahlunto merupakan salah satu kota di Sumatera barat ( Sumbar ) yang telah berkembang menjadi kota wisata tua yang kerap dikunjungi wisatawan.

Diceritakan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Kota Sawahlunto adalah sebuah kota yang kecil tapi mempunyai sejarah yang sangat besar, “karena kota ini, menjadi sejarah revolusi dunia,” kata dia.

Revolusi industri pertama di Eropa ditandai dengan penemuan mesin uap dan membutuhkan bahan bakar batu bara.

Sedangkan Sawahlunto menjadi tambang batu bara pertama terbesar di Asia Tenggara pada 1800 an. 

“Tambang baru bara Sawahlunto dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda,” kata dia.

Menurutnya, seiring berjalannya waktu, kota kecil Sawahlunto beralih fungsi menjadi kota wisata, karena batu bara itu barang tambang yang habis.

Pada 1998 salah satu perusahan terbesar yaitu PT Bukit Asam menghentikan tambangnya dan mereka pindah ketanjung Enim.

“Kala itu Sawahlunto hampir menjadi kota mati. Karena hampir sepertiga penduduk bekerja di tambang ini dulu,” kata dia.

Deri mengatakan, akibat perubahan itu terjadi pergeseran penduduk yang luar biasa.

Penduduk kota Sawahlunto pada masa itu berkurang drastis, sebab sebelumnya kota ini hidup karena ada tambang baru bara. 

“Tapi kita tidak putus asa, kita berkumpul dan bersepakat, kita beralih fungsi dari kota tambang menjadi kota wisata tambang. Nah, ini berjalan kita aktif, merelokasi dan merestorasi semua bangunan tambang itu,” kata dia.

Alhasil, pada 2019 Sawahlunto ditetapkan oleh UNISCO sebagai salah satu warisan budaya Dunia.

“Begitulah sejarah singat Sawahlunto, kota kecil kota industri yang sangat maju, sekarang menjadi kota tujuan wisata,” ucapnya.

Sejarah ini diceritakan Deri Asta saat menyambut undangan, anggota dan delegasi di Seminar Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Sawahlunto, Sabtu (17/9/2022)

Kehadiran anggota JKPI merupakan kehormatan baginya. 

Wakil Bupati Siak Husni Merza juga ikut menghadiri acara tersebut, Kabupaten Siak dan Kota Sawahlunto sama-sama masuk dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia.

Kegiatan seminar nasional digelar di Kota Sawahlunto Sumatra Barat.

“Tujuan acara tersebut untuk memperkuat  jejaring kota Pusaka, di bawah wadah Jaringan Kota Pusaka Indonesia atau JKPI. Saya rasa kita penting hadir ke Sawahlunto tersebut,” kata Husni. 

Husni menyebut kegiatan yang digelar Pemkot Sawahlunto sangat bagus, sebab membahas  langkah-langkah kedepan untuk mejaga kota pusaka  lebih baik lagi serta ada efek ekonomi untuk pertumbuhan pariwisata di masing-masing daerah. 

Husni menambahkan, seminar yang ia ikuti, sangat bermanfaat karena dihadiri seluruh kementerian dan lembaga terkait.

Lembaga-lembaga itu melahirkan rekomendasi yang bermanfaat bagi kabupaten Siak sebagai anggota JKPI.  

“Kita sangat apresiasi pemerintah kota Sawahlunto yang telah menyelenggarakan acara ini dengan baik, acara ini selain rapat juga ajang silaturahmi dengan sesama ngggota JKPI se nusantara. Kita nantinya berharap akan ada rekomendasi yang ditindaklanjuti, baik berupa program dan juga peningkatan anggaran dari kementerian terkait,” kata dia.

Ketua Presidium JKPI  Bima Arya mengatakan, di JKPI anggota saling belajar, saling momotivasi dan mengispirasi.

Momentumnya itu saling menginsirasi,meskipun peluangnya besar tetapi tantangannya banyak sekali. 

“Barangkali ada pesan besar buat pemerintah pusat, barang kali catatan, harapan kita agar pemerintah pusat memberikan atensi, karena kalau kita semua all out menjadikan wisata pusaka ini sebagai sumber utama devisa negara, maka pasti ceritanya akan beda,” kata dia.  

Kegiatan itu diikuti oleh 73 kabupaten kota yang tergabung  dalam wadah JKPI. Siak merupakan bagian integral di dalam JKPI tersebut.

( Tribunpekanbarutravel.com )

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.