Berikut adalah artikel tentang Produktivitas pada masyarakat Taratak Bancah meningkat 252 tonha yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Sawahlunto (ANTARA) – Produktivitas padi yang ditanam Kelompok Tani Mekar Jaya III di Desa Taratak Bancah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat meningkat sebanyak 2,52 ton per hektare setelah memperoleh bantuan fasilitas pertanian dari pemerintah setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto Henni Purwaningsih, di Sawahlunto, Selasa menyampaikan produktivitas padi yang dipanen saat ini mencapai 8,32 ton per hektare, sementara pada masa tanam sebelumya produktivitas panen hanya mencapai 5,80 ton per hektare.

Ia menjelaskan keberhasilan meningkatkan produktivitas panen disebabkan sejumlah hal, yakni pemakaian benih yang telah bersertifikat, pergiliran varietas, pemakaian pupuk kandang berupa kotoran burung walet, pemakaian traktor tangan dalam membalikkan dan memecah tanah, kemudian rehab irigasi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan pemkot setempat melalui DKP3 dan Pemdes Taratak Bancah bersinergi dalam mendukung petani dengan memberikan berbagai jenis bantuan fasilitas pertanian.

Bantuan yang bersumber dari APBD Kota Sawahlunto Tahun 2022 yakni traktor tangan (hand traktor) sejumlah satu unit, benih padi inbrida varietas bujang marantau sebanyak seratus kilogram yang ditanam pada sawah seluas lima hektar.

Kemudian rehab irigasi dimana untuk kapalo banda dibantu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dan empangan dibantu dari APBDes Taratak Bancah, setelah itu ditambah dengan satu unit tongkang (alat panen) dari APBDes Taratak Bancah

Ia menambakan, Pemkot Sawahlunto melanjutkan membantu fasilitas pertanian di Desa Taratak Bancah yakni berupa rehab jaringan irigasi di Dusun Koto Tingga dengan jumlah anggaran Rp86,42 juta pada 2023.

“Pemkot Sawahlunto berkomitmen untuk terus memberi perhatian dan dukungan khusus pada sektor pertanian. Berbagai bantuan fasilitas pertanian untuk Kelompok Tani di Desa Taratak Bancah ini salah satu buktinya,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya III Andriawan Putra menyebut kelompoknya memiliki anggota 17 orang dengan luas sawah yang digarap adalah lima hektare.

Sementara Kepala Desa Taratak Bancah Yusri mengatakan desa itu merupakan sentra produksi padi di Kecamatan Silungkang.

“Tercatat bahwa 76 persen dari total luas sawah di Kecamatan Silungkang adalah sawah di Desa Taratak Bancah,” ujarnya.

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.