Berikut adalah artikel tentang KPU Rote Ndao Sosialisasi Dapil dan Alokasi Kursi Legislatif Pemilu 2024 yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Mario Giovani Teti

POS-KUPANG.COM, BA’A – KPU Kabupaten Rote Ndao menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di Gedung Gereja GMIT Efata Lekioen, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain pada Senin, 27 Maret 2023.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, multi stakeholder yakni Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra, Untung Harjito, perwakilan unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan para pimpinan dari 18 partai politik di wilayah Rote Ndao yang merupakan peserta Pemilu 2024.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Rote Ndao, Christian Dae Panie mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat Rote Ndao terkait dengan hasil penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Jumlah Alokasi Kursi DPR dan DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pemilu 2024.

Baca juga: Hadiri Acara Budaya Papadak, Bupati Rote Ndao Minta Jaga Tradisi Leluhur Sampai ke Anak Cucu

“Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi DPR, dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota ini sebelumnya telah didahului dengan berbagai proses dan tahapan,” ujar Chris.

Prosesnya, masih kata dia, perubahan dan juga penetapan Dapil dan Alokasi Kursi pada Pemilu 2024, tidak luput dari peranan penting dari berbagai pihak dan elemen masyarakat.

“Perubahan Dapil dan Alokasi Kursi ini bukan aspirasi KPU Rote Ndao, tapi ini aspirasi masyarakat Rote Ndao yang dititipkan pada kami sejak tahap uji publik dan akhirnya telah ditetapkan oleh KPU RI melalui PKPU Nomor 6 Tahun 2023,” terang Chris.

Orang nomor satu di KPU Rote Ndao ini juga berharap agar semua pihak bisa turut membantu mensosialisasikan kepada semua masyarakat Kabupaten Rote Ndao terkait Penetapan Dapil dan alokasi kursi DPR, dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

Baca juga: Hadiri Acara Budaya Papadak, Bupati Rote Ndao Minta Jaga Tradisi Leluhur Sampai ke Anak Cucu

“Besar harapan kami agar PKPU Nomor 6 Tahun 2023 ini bisa disosialisasikan lagi oleh semua pihak, terutama Pemerintah, Parpol, dan Insan PERS agar semua masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pemilu 2024 nanti,” ucap Chris.

Selanjutnya, dalam pemaparan materi yang disampaikan oleh Komisioner KPU, Jorhans Maak menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 3 Daerah Pemilihan dalam tingkat Kabupaten Rote Ndao dengan jumlah alokasi kursi DPRD sebanyak 25 Kursi.

“Data Penduduk Rote Ndao dari Dinas Dukcapil adalah sebanyak 149.317 jiwa, maka jumlah alokasi kursi sebanyak 25 Kursi DPRD dengan Jumlah bilangan pembagi penduduk sebanyak 5972 jiwa per kursi,” kata Jorhans.

Ia melanjutkan, perubahan dan Penetapan Dapil ini telah memenuhi 7 Asas, yakni (1) Kesetaraan Nilai Suara (2) Ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional (3) Proporsionalitas (4) Integralitas Wilayah (5) berada pada cakupan wilayah yang sama (6) Kohesivitas dan (7) Kesinambungan.

Baca juga: Bertemu Bupati Rote Ndao, Tim ISI Jogja dan UKSW Salatiga Komit Ungkap Orisinalitas Tarian Taebenu

“Berdasarkan PKPU Nomor 6 Tahun 2023, ditetapkan 3 (tiga) Daerah Pemilihan dengan Alokasi kursi DPRD sebanyak 25 kursi, yakni Dapil Rote Ndao 1 meliputi Kecamatan Lobalain, Kecamatan Rote Barat Laut, dan Kecamatan Loaholu dengan alokasi kursi DPRD sebanyak 10 kursi,” sebut Jorhans.

Kemudian, masih jelas dia, Dapil Rote Ndao 2 meliputi Kecamatan Rote Tengah, Rote Selatan, Pantai Baru, Rote Timur dan Landu Leko dengan jumlah alokasi kursi sebanyak 8 Kursi. 

Sementara di Dapil Rote Ndao 3 meliputi Kecamatan Rote Barat Daya, Rote Barat dan Ndao Nuse dengan jumlah kursi sebanyak 7 kursi. (Rio)

Ikuti Berita POS-KUPANG.COM Lainnya di GOOGLE NEWS

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.