Berikut adalah artikel tentang Hari Jadi ke134 Kota Sawahlunto yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

TRIBUNPADANG.COM, SAWAHLUNTO – Memeriahkan Hari Jadi ke-134 Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto menggelar Derby Pacu Kuda.

Pergelaran tersebut, akan dilaksanakan di Gelanggang Pacu Kuda Kandih, Kota Sawahlunto pada Minggu (4/12/2022).

Ketua Pelaksana Derby Pacu Kuda Sawahlunto, Irsal Adam menyebut, persiapan Gelanggang Pacu Kuda Kandih sudah 95 persen menjelang pertandingan dimulai.

“Untuk lintas pacu kuda sudah beres dan sudah layak dipakai untuk bertanding pada hari Minggu nanti,” ungkapnya saat ditemui TribunPadang.com, Jumat (2/11/2022).

Ia menjelaskan, Derby Pacu Kuda Sawahlunto akan diikuti sebanyak 70 ekor kuda.

Baca juga: Tabuik Pariaman Ikut Meriahkan Perayaan HUT Sawahlunto ke-134

“Dalam pergelaran ini terdapat sembilan race yang akan diikuti oleh kuda kuda tersebut,” ujar Ketua Pordasi Sawahlunto itu.

Adapun kategori dalam perlombaan tersebut di antaranya Kelas Perdana E, Kelas Perdana AB, Kelas Terbuka, Kelas Derby, Kelas Pemula AB.

“Dari semua kelas tersebut yang paling terkemuka yaitu kelas Derby yang memiliki hadiah paling besar yaitu Rp 250 juta,” tutur Irsal.

Dikatakannya, Kelas Derby diikuti oleh kuda yang memiliki usia tiga tahun, kuda yang memiliki prestasi dan sesuai dengan tinggi kuda yang telah ditentukan.

Lanjutnya, khusus untuk Kelas Derby, pihaknya telah melakukan penyisihan dan diikuti 16 ekor kuda pada 20 November 2022.

Baca juga: Puncak Perayaan HUT Sawahlunto Ke-134 Hari Ini, Wali Kota Deri Asta Ajak Masyarakat Ikut Ramaikan

“Dari hasil penyisihan, menyisakan 12 ekor kuda yang akan bertanding pada putaran final,” ucapnya.

Sementara, termasuk dengan hadiah Kelas Derby, total hadiah pada Derby Pacu Kuda Sawahlunto ini berjumlah Rp 470 juta.

Kata Irsal, selain untuk memeriahkan Hari Jadi ke-134 Kota Sawahlunto, pergelaran ini juga sebagai persiapan menjelang Kejurnas yang juga akan diadakan di Gelanggang Pacu Kuda Kandih pada tahun 2023 mendatang.

Selanjutnya, juga menjadikan Kota Sawahlunto sebagai tempat kunjungan wisata.

“Biasanya pergelaran Derby Pacu Kuda ini dihadiri penonton hingga 15 ribu orang, ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat kita,” imbuh Irsal.

Baca juga: Mantan Wakil Wali Kota Sawahlunto Apresiasi Kemajuan Daerah Saat ini, Fauzi Hasan: Harus Diteruskan

Untuk para penonton, kata Irsal, tidak dipungut biaya untuk dapat menyaksikan Derby Pacu Kuda Sawahlunto ini.

“Masyarakat yang juga ingin berdagang di sekitar gelanggang juga diperbolehkan tanpa harus membayar,” tutupnya.

Foto caption: Seekor kuda pacu yang melakukan tes lapangan jelang pergelaran Pacu Kuda Sawahlunto, Jumat (2/11/2022). (TribunPadang.com/Hafiz Ibnu Marsal)

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.