Berikut adalah artikel tentang Coklit Rampung KPU Situbondo Mulai Susun DPS Pemilu 2024 yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Ketua KPU Situbondo Marwoto (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo mulai melaksanakan tahapan penyusunan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2024, setelah petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih.

Petugas Pantarlih melakukan coklit pemilih berdasarkan data penduduk potensial pemilihb pemilu (DP4) di Situbondo sebanyak 539.013 orang.

“Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih yang dilaksanakan sejak 13 Februari sampai 4 Maret 2023 sudah selesai. Sekarang sudah mulai tahapan penyusuanan DPS untuk nantinya dijadikan patokan untuk DPT Pemilu 2024,”ujar Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto, Selasa (21/3/2023).

Kata Marwoto, penyusunan daftar pemilih sementara hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan pantarlih bersama dengan panitia pemungutan suara atau PPS.

Data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Sebanyak 539.013 orang itu, lanjut dia, jumlahnya bisa berkurang atau bertambah setelah dilakukan pencocokan dan penelitian oleh pantarlih.

Ada kemungkinan data pemilih bisa berkurang atau justru bertambah karena sejumlah faktor, yakni pemilih meninggal dunia, tercatat pemilih pemula, dan anggota TNI/Pori yang sudah memasuki masa purnatugas.

“Jadi, dari jumlah DP4 539.013 orang itu bisa berkurang karena pastinya ada pemilih yang sudah meninggal dunia, berubah status menjadi TNI/Polri, dan lainya,” kata Marwoto.

Menurutnya, setelah penyusunan daftar pemilih sementara selesai dilaksanakan maka tahapan selanjutnya yaitu penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS HP).

“Pada tanggal 21 Maret 2023, ini kami kembali melaksanakan tahapan DPS hasil perbaikan,” tambahnya.

Polemik Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus berlanjut. Perseteruan ini bersumbu pada gugatan Partai Prima ke PN Jakarta yang memutuskan Pemilu 2024 ditunda.

Tetapkan Perubahan Daerah Pemilihan

Sebelumnya, KPU Kabupaten Situbondo telah menetapkan perubahan daerah pemilihan (dapil) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 yang ditetapkan menjadi tujuh dari sebelumnya enam dapil.

Perubahan daerah pemilihan ini sesuai Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu 2024.

Infografis KPU Tetapkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.