” data-title=”Demonstrasi “March for Our Lives” pada 24 Maret 2018.” data-share-url=”https://www.liputan6.com/global/read/5240926/24-maret-2018-march-for-our-lives-perjuangan-anak-muda-as-tuntut-pengendalian-senjata-api?photo=4368514″ data-photo-id=”?photo=4368514″ data-copy-link-url=”https://www.liputan6.com/global/read/5240926/24-maret-2018-march-for-our-lives-perjuangan-anak-muda-as-tuntut-pengendalian-senjata-api” data-component=”desktop:read-page:photo-gallery:item” data-component-name=”desktop:read-page:photo-gallery:item”>

Orang-orang tiba untuk demonstrasi “March for Our Lives” menentang kekerasan senjata di Washington, D.C. pada 24 Maret 2018. Dipicu oleh pembantaian di sekolah menengah Florida, ratusan ribu orang Amerika Serikat (AS) diperkirakan akan turun ke jalan di kota-kota dalam protes terbesar untuk pengendalian senjata. (AFP/Nicholas Kamm)

Liputan6.com, Washington, D.C. – Para penyintas dari penembakan mematikan di sebuah sekolah Marjory Stoneman Douglas Parkland, Florida, Amerika Serikat (AS), memimpin ratusan ribu orang untuk melakukan gerakan bernama March for Our Lives pada 24 Maret 2018.

Unjuk rasa itu bertujuan untuk menyampaikan pesan yang menggema bahwa kelambanan Washington dalam momok kekerasan senjata tidak lagi dapat diterima.

Anggota generasi yang dibesarkan dengan kekerasan senjata itu telah memobilisasi orang AS dengan permohonan yang berapi-api untuk undang-undang kontrol senjata yang lebih ketat sembari menghormati 17 siswa dan anggota fakultas yang terbunuh pada 14 Februari 2018 di SMA Marjory Stoneman Douglas.

“Kepada para pemimpin skeptis dan sinis yang menyuruh kami duduk, tetap diam dan menunggu giliran Anda, selamat datang di revolusi,” kata Cameron Kasky, mahasiswa Marjory Stoneman Douglas, dikutip dari CNN, Kamis (23/3/2023).

Meskipun Washington menjadi tuan rumah gerakan utama March for Our Lives, lebih dari 800 pawai diadakan di seluruh negeri, dari Boston hingga Los Angeles, dan di seluruh dunia. Siswa, guru, orang tua, penyintas penembakan di sekolah, dan bahkan selebritas membawa pesan menentang kekerasan senjata dan lobi senjata ke kursi kekuasaan.

David Hogg selaku mahasiswa Parkland memberi pidato di tengah kerumunan besar bahwa “Anda dapat mendengar orang-orang yang berkuasa gemetar.”

“Mereka sudah terbiasa melindungi posisi mereka,” lanjutnya.

Naomi Wadler, seorang siswa dari Virginia yang saat itu berusia 11 tahun, ikut berpidato untuk semua gadis Afrika-Amerika yang kalah dalam kekerasan senjata yang ceritanya diabaikan oleh media massa. Ia juga memperingatkan dunia agar tidak mengabaikan pesannya karena usianya.

“Kita mungkin masih SD, tetapi kita tahu,” katanya.

“Kami tahu hidup tidak sama untuk semua orang, dan kita tahu apa yang benar dan salah. Kami juga tahu bahwa kami berdiri di bawah bayang-bayang Capitol, dan kami tahu bahwa kami memiliki tujuh tahun yang singkat sampai kami juga memiliki hak untuk memilih.”

ekitar 26% dewasa (usia 18 tahun ke atas) di AS hidup dengan satu bentuk disabilitas, namun hanya 19% dari jumlah itu yang punya pekerjaan. Untuk meningkatkan rasio pekerja disabilitas, Pemda Washington DC terjun ke berbagai SMA dan membantu siswa di…

Siapa yang Mengatur March for Our Lives?

March for Our Lives: 1 Juta Pendukung Anti-Senjata Gelar Protes di Washington DC. (AP/Alex Brandon)

Unjuk rasa March for Our Lives disatukan oleh #NeverAgain, sekelompok orang yang selamat dari penembakan SMA Marjory Stoneman Douglas, seperti senior Emma González, dan junior Cameron Kasky.

Melansir dari The Cut, di situs web resmi March for Our Lives dikatakan bahwa gerakan itu diciptakan oleh, terinspirasi oleh, dan dipimpin oleh siswa di seluruh negeri yang tidak akan lagi mempertaruhkan nyawa mereka menunggu orang lain mengambil tindakan untuk menghentikan epidemi penembakan sekolah massal yang sudah terlalu familiar.

Kelompok advokasi pengendalian senjata Everytown for Gun Safety juga membantu para siswa untuk merencanakan dan mengoordinasikan acara tersebut.

Penyelenggara March for Our Lives juga menerima dana yang signifikan dari sejumlah selebritas seperti George Clooney, Steven Spielberg dan Kate Capshaw, Oprah Winfrey, dan masih banyak lainnya. Semuanya menjanjikan US$500.000 untuk rapat umum unjuk rasa.

Banyak selebritas lainnya, termasuk Kim Kardashian, Justin Bieber, Bette Midler, dan Debra Messing juga menyatakan dukungan mereka di Twitter, meminta pengikut mereka untuk menandatangani petisi pawai dan menemukan demonstrasi di dekat mereka.

Perusahaan berbagi tumpangan Lyft menawarkan siswa Marjory Stoneman Douglas tumpangan gratis ke pawai. Aplikasi kencan Bumble turut ikut serta dengan melarang gambar senjata di platformnya dan menyumbangkan US$100.000.

Jumlah Massa Antisenjata March for Our Lives Lebih Banyak dari Pelantikan Donald Trump

March for Our Lives: 1 Juta Pendukung Antisenjata Gelar Protes di Washington DC (AP/Alex Brandon)

Sekitar kurang-lebih setengah juta massa di penjuru AS diperkirakan berpartisipasi dalam salah satu demonstrasi antisenjata terbesar sepanjang sejarah AS. Bahkan, total demonstran itu disebut lebih banyak ketimbang massa pelantikan Presiden Donald Trump pada Januari 2017 silam.

Unjuk rasa itu diperkirakan diikuti lebih dari 500 ribu massa di Washington, D.C.

Senator Chris Van Hollen asal Partai Demokrat bahkan menyebut jumlah massa lebih banyak daripada saat Donald Trump dilantik sebagai presiden Amerika Serikat ke-45.

“Saya bisa katakan, jumlahnya lebih besar daripada pelantikan Trump,” ujar Van Hollen, seperti dilansir The Hill, Senin (26/3/2018).

Meski angka pasti belum dirilis pihak berwenang, tetapi panitia demo mengatakan mereka meminta izin unjuk rasa dengan peserta 500 ribu orang di jalanan dekat Gedung Putih.

Sementara pejabat setempat yang terkait dengan demonstrasi itu mengatakan kepada NBC News jumlah massa mencapai sekitar 800 ribu orang.

Profesor pakar kerumunan massa di Universitas Metropolitan Manchester, Keith Still mengatakan kepada Vox, ia memperkirakan jumlah massa pada saat pelantikan Trump mencapai 300 ribu sampai 600 ribu orang.

Baca selebihnya di sini…

Generasi Muda AS Ingin Perketat Hukum Kepemilikan Senjata

Para pengunjuk rasa selama March for Our Lives menuntut undang-undang kontrol senjata yang lebih ketat pada 24 Maret 2018 di Washington, D.C. (Olivier Douliery/Abaca Press/TNS)

Cameron Kasky mengatakan bahwa pesan gerakan siswa kepada politisi sederhana, “Entah mewakili orang-orang seperti kami atau keluar.”

“Orang-orang menuntut undang-undang yang melarang penjualan senjata serbu, orang-orang menuntut Anda melarang penjualan senjata berkapasitas tinggi, orang-orang menuntut pemeriksaan latar belakang universal,” kata Kasky. “Berdiri untuk kami atau waspada, para pemilih akan memilih Anda, atau tidak.”

Para murid Stoneman Douglas, banyak di antaranya baru mencapai usia pemilih, bersumpah untuk bekerja membuat kekerasan senjata menjadi isu sentral generasi mereka.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa orang AS semakin mendukung undang-undang senjata yang lebih ketat. Dengan hampir 2 lawan 1, 61 persen -33 persen, mereka mengatakan ingin ada undang-undang kontrol senjata ketat dan pemeriksaan latar belakang akan mencegah penembakan massal lebih banyak di AS. Hal itu diungkap oleh survei menurut USA TODAY, Suffolk Poll.

Bahkan margin yang lebih luas, orang AS mengatakan senjata semiotomatis seperti AR-15, yang digunakan dalam penembakan Florida, harus dilarang.

Namun, orang AS memiliki sedikit keyakinan bahwa Kongres akan bertindak. Hanya 19 persen yang yakin bahwa Kongres akan melakukan sesuatu, sementara 76 persen pesimistis Kongres tidak akan melakukan apa pun.

Namun, para anggota gerakan yang dipimpin para siswa ini bersikeras generasi mereka dapat mendorong negara itu menuju hukum senjata yang lebih ketat.

“Ini bukan masalah merah versus biru,” kata Sarah Chadwick, seorang siswa Marjory Stoneman Douglas. “Ini masalah moral. Dan kepada para politisi yang percaya hak mereka untuk memiliki senjata daripada hak untuk hidup, bersiap-siap untuk tidak lagi dipilih oleh kami, di masa depan.”

Baca selebihnya di sini… 

aturan kepemilikan senjata api (liputan6.com/deisy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.