Berikut adalah artikel tentang Proses Coklit KPU Situbondo Capai 40 Persen Target Sebulan Kelar yang telah tayang di sildenafiltg.com terimakasih telah menyimak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2019 secara serentaK. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Situbondo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyatakan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih untuk Pemilu 2024 sudah mencapai 40 persen sejak petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) melakukan coklit sejak 14 Februari lalu.

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto mengatakan pantarlih bekerja melakukan coklit sesuai dengan data pemilih berdasarkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari Kemendagri sebanyak 539.013 orang.

“Jadi, kemarin kami cek hasil coklit yang masuk dari Pantarlih sudah mencapai 40 persen dari DP4 dari Kemendagri 539.013 orang,” ujar Marwoto di Situbondo, dilansir dari Antara, Sabtu (25/2/2023).

Marwoto menargetkan tahapan pencocokan dan penelitian pemilih selesai dalam kurun waktu 1 bulan meski jadwal coklit hingga 13 April mendatang.

“Tahapan coklit memang kami estimasi 2 bulan. Akan tetapi, 1 bulan optimistis sudah selesai. Dengan demikian, untuk sisa waktu 1 bulan, tentunya ada evaluasi dan perbaikan-perbaikan dari hasil coklit,” kata dia.

Dari hasil evaluasi hasil coklit itulah, lanjut Marwoto, ketika ada kesalahan oleh pantarlih, bisa melaksanakan coklit ulang di wilayah kerjanya masing-masing.

“Saat pantarlih melakukan coklit ulang setelah evaluasi dan perlu perbaikan, panitia pemungutan suara (PPS) akan mendampingi mereka,” katanya.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kendala petugas pemutakhiran data pemilih ketika bekerja melakukan pencocokan dan penelitian pemilih.

“Alhamdulillah, untuk kendala pantarlih saat melakukan coklit sejauh ini belum ada, hanya soal cuaca hujan saja menyita waktu mereka,” ujarnya.

Data diperoleh, jumlah petugas pemutakhiran data pemilih sebanyak 1.975 orang sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Situbondo.

Jelang Pemilu 2024, suasana kian memanas. Hal ini dipicu oleh wacananya akan diterapkan sistem proporsional tertutup atau hanya mencoblos partai politik akibat ada yang menggugatnya di Mahkamah Konstitusi (MK).

Infografis Sistem Proporsional Tertutup Vs Proporsional Terbuka dalam Pemilu. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Peroleh update kabar alternatif dan breaking news tiap hari dari kami. Mari bergabung di Grup sildenafiltg.com News Update, caranya klik tautan sildenafiltg.com, kemudian join. Anda wajib install aplikasi sildenafiltg.com khususnya dahulu di hand phone. Bila ada yang mau di sampaikan baik keluhan atau kritikan silahkan hubungin email korensponden kami [email protected], Terimakasih.